Hotel Best Western Premier The Hive - Jakarta

Hotel Dekat Halim Perdanakusuma | Hotel di Cawang, Jakarta Timur | Hotel Strategis di Cawang

Sabtu, 06 Januari 2018

Budaya Rijsttafel Itu Apa?



Jangan terasa asing dengan kata-kata tersebut. Meskipun itu hanyalah peninggalan bangsa yang dulunya kita berikan julukan "kompeni".

Yuk kita selidiki pengertian dari istilah Rijsttafel!

Rijsttafel terdiri dari 2 penggalan,  rijst yang berarti nasi dan tafel yang berarti meja. Secara harfiah rijsttafel berarti meja nasi. Jika kita artikan lebih baik maka Rijsttafel berartikan nasi beserta lauk pauk dan sayur mayur yang dihidangkan bersamaan dalam satu meja. Ternyata artinya se-simpe itu ya?


"Sejarah Pendek Rijsttafel"

Kenapa muncul istilah Rijsttafel? Hasil dugaan yang dibaca oleh kami ternyata akibat dulunya para "kompeni" yang kesulitan menemukan makanan asal daerah mereka, Eropa. Jangankan makanan, yang dapat memasak (dulu wanita/istri orang Eropa tidak ikut datang ke Indonesia) dan bahan bakunya saja tidak ada. Itulah kenapa akhirnya mereka menjadi "terbiasa" dengan makanan pribumi dan terciptalah budaya Rijsttafel.

Dapat dibilang, Rijsttafel adalah salah satu bukti peleburan bangsa kita dengan bangsa "kompeni".  Untuk konsep, penyajian Rijsttafel mengikuti alur makan bangsa Belanda yakni dimulai dengan makanan pembuka lalu menu utama dan diakhiri makanan penutup. Menunya pun dicampur dari menu nusantara dan Eropa.

Menu penyajiannya beragam namun dominan makanan khas nusantara seperti nasi goreng, sayur lodeh, ayam, ikan, yang diolah mulai di bakar, digoreng hingga dikukus.


"Dimana bisa menemukan menu Rijsttafel?"


Walaupun kita berada jauh sekali dari peninggalan budaya Belanda, kami ingin sekali lagi mengangkatnya. "Rijsttafel Menu Package" sudah terjual habis di malam perayaan tahun baru lalu. Namun, akhirnya kami populerkan kembali dengan memperpanjang promo sampai akhir bulan Februari nanti.

"Rijsttafel Menu Package" ini dapat Sahabat sesuaikan dengan selera. Kami memiliki 2 menu yang masing-masing mempunyai daya tariknya tersendiri. Sebelum memesan, cari tahu dulu apa yang akan Sahabat dapat.


"Bebek Tepi Toll"

Bebek Tepi Toll

Kenapa berada di tepi? Rupanya chef kami terpikirkan tol yang telah menyelamatkan hari-harinya selama pulang dan pergi dari hotel. Bahkan ada 2 tol. Tol Cawang dan Tol Becak Ayu. 2 tol itu dekat sekali dengan Best Western Premier The Hive. Maka kata "tol" akhirnya muncul di kata akhir menu, Bebek Tepi Toll. Semudah itu Sahabat dapat mengunjungi kami karena" bebas hambatan" selama di jalan.

Menu yang Sahabat lihat diatas itu diperuntukkan untuk 2 orang. Cukup? Tentu cukup sekali. Hanya dengan membayar IDR 200.000++ maka Sahabat akan mendapatkan:


Nasi | Bebek | Sate ayam 5 tusuk | Tahu tempe bacem | Lalapan | Sayur asem | Sambal terasi | Buah segar




"Gurame Muara Marunda"

Gurame Muara Marunda

Penyuka ikan? Chef kami juga sangat suka ikan. Sampai-sampai pantai Marunda yang memiliki kenangan spesial baginya dibawa-bawa untuk melengkapi nama menu kedua Rijsttafel ini. Tidak tanggung-tanggung, 2 ekor gurame yang digoreng garing hanya dibandrol IDR 200.000++. Tenang saja, guramenya tidaklah terletak sendirian di meja. Lalu ada apa saja dalam paket ini?

Nasi | Gurame  Chrispy 2 ekor | Cumi cabe ijo | Kangkung balacan | Sayur asem | Sambal kecap | Sambal mangga | Emping | Buah segar



"Maaf sekali, promo ini hanya untuk 2 bulan"

Karena hanya berlangsung selama 2 bulan (bahkan kurang karena sudah berada di tanggal 6 Januari) ada baiknya segera melakukan pemesanan. Kami benar-benar meminta maaf karena promo ini tidak lama berada dalam list menu kami. 

Jadi, segeralah lakukan pemesanan sebelum waktu promo berakhir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti stress, kesal, BT maupun galau. Dan untuk para jombo pun tidak ada sedikitpun larangan untuk mencicipi menu berdua ini.

Yuk cobain Rijsttafel

Jangan ditahan-tahan lagi. Pesan segera begitu jam makan siang tiba karena pemesan terakhir tiap hari adalah jam 11 malam.



Takut tersesat? Temukan kami disini >>





The Hive
Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4
Jakarta 13340, Indonesia
Tel. : +62 21 2982 1888
Fax. : +62 21 2982 1999
Email : reservation@bwpremierthehive.com
Website: www.bwpremierthehive.com

Media Sosial
Instagram@bwpthehive
Twitter@bwpthehive
YoutubeBWPTheHive
Blog: https://infothehive.blogspot.co.id



Kata Kunci:
Best Western Premier The Hive
Promo makanan Januari 2018
Promo makanan Rijsttafel
Bebek goreng
Gurame goreng
Bebek goreng murah
Gurame murah
Restoran di Jakarta Timur
HEATHER Resto
Hotel dekat Bandara Halim
Hotel di Cawang
Hotel Bintang 5 Cawang
Hotel Bisnis Cawang
Ruang Meeting Cawang
Bandara Halim Perdanakusuma

Sumber info & gambar:
Kompasiana.com
https://www.merdeka.com/gaya/rijsttafel-kuliner-indonesia-belanda-yang-terlupakan.html
https://www.kompasiana.com/wira.syafutra/budaya-rijsttafel-dari-indonesia-untuk-indonesia_54f39ffd745513962b6c7be8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar